Keindahan Danau Toba beserta kadang tidak dapat dipungkiri. Zona wisata yang terletak pada Sumatera Utara itu disebut-sebut sebagai ketakjuban alam yang menakjubkan.

Fotografer Hasiholan Siahaan menjadikan Danau Toba beserta budayanya jadi objek karyanya yang diperlihatkan di TobaDream, Jalan Dr Saharjo, Manggarai, Jakarta Daksina. Dia menuntun Eksotisme Tano Toba sebagai tema pamerannya.

Menurut Hasiholan, salah satu tujuannya menggelar ekshibisi agar tingkatan muda lebih menghargai nilai budaya & kearifan lokal daerahnya di tengah terjangan bidik budaya eksentrik.

“Frame yang kita tampilkan semua akal budi lokal pada Danau Toba. Jangankan ananda daerah yang tinggal pada Jakarta, dalam sana aja masih banyak yang tidak tahu & kurang mengalpakan terhadap keindahan budayanya, ” kata Hasiholan di TobaDream, Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (14/5/2015).

Hasiholan menjelaskan, kotak-katik dokumentasi pengambilan gambar maupun foto terkait dengan eksotisme budaya Toba berlangsung selama masa masa sembilan tahun.

Foto mengarang tentang perubahan, keindahan dunia, daerah sekeliling, budaya, prasejarah yang tersisa dari 850 seperseribu tahun lalu tatkala bukit supervolcano Toba meletus.

Menurut nya, foto-foto yang dipamerkan yang sangat langka dan luar biasa. Foto-foto tersebut diambil langsung dmelalui sebuah perarakan yang selama masa 2006-2015.

“Ada seratus lebih foto yang kita abadikan, tapi karena tempatnya terpatok maka kita hanya angkat 77 foto di sini. Nanti lengkapnya kompatibel kita adakan launching bukunya, ” tutur jurnalis foto Koran SINDO ini.

Selain pameran Foto, kegiatan ekshibisi juga hendak diselingi kegiatan diskusi bertema Toba the Forgotten Beauty yang menghadirkan pembicara daripada para pemerhati budaya & sastrawan & akademisi usul Sumatera Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *